MPSu 10 Bulan

Yahuuuy… Quick rekap mengenai satu hal yang paling digemari anak bayi… Makan… *grin*

1. Udah mulai mengenal yang namanya melepeh… *prok..prok..prok*

2. Bulan ini ikan-ikanannya ditambah, nyobain ikan patin (lolos uji alergi) dan ikan gindara (menghasilkan hiasan merah2x di muka— coret)

3. Mencoba peruntungan perpisangan… dan lagi-lagi tidak beruntung. Anak bayi masih musuhan sama pisang… entah mengapa… ini adalah suatu misteri terbesar abad ini . Coba2x masukin pisang ke oatmeal nya dan dia jadi ogah makan. Jadilah, daripada berabe Raisya mogok makan lagi, Bunbun kembali mencoret pisang dari daftar belanjaan makanannya….    
 
4. Udah dikasih nasi… Jadi, ceritanya pas bunbunnya lagi makan, anak bayi ini nyamperin dan bilang “maamam..maamam…”, trus bunbun coba kasih nasinya ajah.. Hap! dilahap sajah… kasih lagi… disamber ajah… padahal ni anak udah makan duluan…. Akhirnya diambilin sendiri nasinya ajah, 2 sendok makan….dan habis…. eiissshhh…. Jadilah, sekarang dia udah dikasih nasi, meski masih agak dilembekin.

5. Udah tau kenyang… *hiks*. Jadi, Raisya ituh sebelumnya selalu mangap terima makanan sampe habiss biss… berapa banyakpun yang kita kasih. Belakangan ini, dia udah tau menolak klo udah kenyang. Mula-mulanya, dia bakal masukin tangannya ke mulut yg penuh makanan, dilepeh-lepehin makanannya… trus akhirnya dia bakal tutup mulut dan geleng-gelengin kepala… Jadi, sekarang strateginya, kita tunggu sampe dia yang minta makan, baru deh dikasih makan… soalnya itu pasti dia udah laper bener, jadi nanti makannya pun mesti tandaaaassss….. *nyengir*

6. Bunbun udah mulai ga keren bikin masaknya… setelah pulang dari dines, cuman ngandelin slow cooker ajah buat bikin makannyah :P. Contekan resepnya ga tau dimana soalnyah… *beralasan* , tapiii hari minggu kemaren sok2x nyobain bikin nugget ayam pelangi itu dooong dengan resep basic nugget yang diposting Tya ini (trima kasih inspirasinya Tya :D). Buat pelanginya, pake 3 jenis warna dari sayuran: oranye: Wortel, Hijau: Brokoli, merah: Bit, dan sumpe baru sekali ini tau yang namanya si bit inih… baunya rada2x menantang juga ya :D. Sebelum diblender, dikukus dulu bentar, abis itu dipisah2x dan dicampur basic nuggetnya. Cuman, karena mau di kukus ajah, jadi ga dibalur tepung roti. Jreeeeng..jreeeng… setelah jadi dan disusun berlapiiiss trus ditaro di kukusan, barulah ingat… lupa ga kasih telor… mwuahahahhaha…. yaah well..jadi siih nuggetnya,tapi agak berantakan… maka no pic *maluuuw*

7. Sedang menggalakan “I love carrot’, well…karena si bunbunnya inih kan matanya rada2x ajaib (minus 13 ajah sekarang).. jadi… pengen sedini mungkin melakukan pencegahan mata minus buat Raisya…

8. Overall, anak bayi satu ini memang hobinya makan..klo lagi makan diem deh dia… semoga begitu terus… amin 😀

9. Mari bergerilya mencari resep 11 bulaaaaan….. 1 bulan lagi menuju table food!!!

Mari makaaaaaaan teman-temaaaaaaaaaaan….. ^-^

MPSu 9 Bulan

Menginjak bulan ke 9 Raisya makan ituuuh…. semakin menyenangkaaaan…. smakin gampang dan smakin bervariasi. Yang paling bikin hati sang bunbun yang tidak jadi di dapur inih berbunga-bunga adalah… dikasih apapun dia pasti mangap dan lahaaap..happp…. Bikin segala usaha ituh menjadi sesuatu… ahahahhay

Bulan ini tambahannya Raisya suka dikasih roti gandum as her breakfast… biasanya sih disuwir trus dikasih susu ajah. Atau engga dibuatin oatmeal+buah… Variasi breakfastnya memang masih monoton nih bunbun…smoga bulan ke 10 inih ada pencerahan :D. Trus…bunbun udah mulai bikin nasinya pake beras putih ajah, barengan sama orang rumah. Dan klo lagi ga sempet masak yang keren-keren *baca:males*, biasanya bunbun cemplang cemplung ajah ke Slow Cookernya, bikin nasi tim. Jam 12-an gituh dimasukin nasinya… trus nanti jam 4-an pas bangun, tinggal cemplungin bahan-bahan tambahannya… jam 6 angkat deh… Tapiiii… klo lagi rajin dan trutama kalo wiken, bunbun suka praktekin ituh resep-resep hasil contekan dari blog2x tetangga sama dari milis mpasirumahan… Alhamdulillaaah… semuanya diterima dengan mulut terbuka sama anaknya :D. Cerelia tambahan lainnya is pasta… pasta inih pertama dicobain cuman direbus biasa trus lagi anget2x gituh dikasih olive oil….

Proteinnya bulan ini bunbun kasih Raisya jenis ikan baru… Ikan Dori sama Ikan Lele daaan sama Daging. Cuma, ikan dori nya sepertinya bikin alergi, karena 2x dikasih muncul merah2x dimukanya. Jadi, akan distop dulu. Pengolahannya ya itu, kadang langsung dicampur ajah ke SC,kadang diolah berdasarkan resep…

Buah2xannya masih berkisar pir, apel royal, naga merah/putih, mangga… Ada yang dikasih dalam bentuk tumbukan hasil kukusan, kadang juga dikasi potongan as BLW. Truus..cemilannya masih kue dari nenek.. Kmaren dibikinin variasinya cookies sayuran, cookies buah-buahan dan cookies keju….
Jadi anak cantik bunbun ini makannya udah 3x plus snacks 2x.

Yang pasti, bahan-bahan yang mesti selalu tersedia adalah: Butter, Keju Cheddar, Kaldu…. daaaan.. Kentang. Iyess..kentang tetep jadi favoritnya Raisya..Akhir2x ini slalu dibikinin mashed potato dan selalu sukses bikin nafsu makannya tinggi..jadi si kentang inih ga boleh sampe keabisan :P.

 Makanan Raisya masih 100 persen disiapin sama bunbun meski ada si teteh. Jujur, ga percaya nyerahin pengolahan makanan ke dia. Jadi, bunbun akan senang hati bangun subuuuh banget buat siapin makan Raisya untuk sehari ituh, nanti si tetehnya tinggal dikasi tau cara penyajiannya aja.

Sekarang masih senang hati begini karena Raisya makannya ga ngerepotin, Alhamdulillah ga picky eater juga… kmaren pas sakit pun dia masih lahap makan, mski porsinya jadi sedikit… Ga kebayang intaian GTM dan GMM ituh…. smoga selamanya yaaa kamu pinter terus makannya.. kalo soal makan kamu bolehlah contoh ayahmu ituuh… 😛

Berikut salah satu penampakan maemnya Raisya dengan resep contekan dari milis mpasirumahan:
Ikan saus keju with mashed potato….

Smakin semangat melaju di MPSu 10 Bulan!

MPSu 8 Bulan

Ga konplit klo ga nulis rekapan MPSu-nyah yak…

Jadii..di 8 bulan kemareen Raisya udah mulai tuh dikenalin bubur tim kasar… niatnya siih supaya lebih merangsang giginya ituuh… Berasnya teteeep pake beras merah. Dan, tentu sajah masaknya di Slow Cooker, masuk-masukin, tinggal, beres :P.

Proteinnya dari telur ayam kampung organik, ayamnya, sama Ikan Salmon. Modal penasaran ajah pengen ngasih ikan-ikanan :P. Kalo dikerpur kan ada tuh ikan salmonnya dijual sedikit2x gituuh, cuman 10K-15K jadi belilah dan dikukus… Tapi truus kemaren beli lagi di FM hyiaaah….ga ada yang fillet-an kecil gituuh adanya yang seonggokan daaan mihiiil yaa klo beli yang gedeannya… 45K sajah sodara… Untung anaknya suka dan ga ada masalah makannya :P. Telurnya biasanya klo ga diorak-arik pake unsalted butter yaa dikukus atau direbus. Yang dimakan cuman kuningnya ajah karena hasil dari baca sana-sini, putih telur itu pemicu alerginya lumayan tinggi, jadi better kuningnya sajah dulu. Inih quote dari wholesomebabyfood:

Eggs, particularly the egg whites, are one of the top 8 of all allergens.  Most pediatric resources agree that egg yolks are fine for baby to eat when baby is around 8 months old.  Please keep in mind that the egg whites should not be fed to baby before 1 year old.

Jadi, biasanya putih telurnya jadi santapan emak atau bapaknya *ga mau rugi :P.
Ayamnya, klo ga dimasak sama berasnya di SC, kita campur di Tim tahu, atau dibikin nugget. Resepnya nemu di milis mpasirumahan tentunya :D.


Buahnya masih seputaran jeruk baby, alpukat, buah naga, pear, mangga… Kemaren, berbekal info bacaan dari postingannya Sorella yang ini *nyontek ya maaak :P, nemu Heinz  ini :

Sebotol gini di parmers market 26K… 2x makan..phewww :P. Truss..berbekal bacaan dibotonya kita coba bikin sendiri yang mirip-mirip ginih. Jadi, kita ngukus apel+jeruk+mangga+kiwi (pokoknya buah yang ada dikulkas :P), trus dilembutin jadi satu… dipakein butter.. duuh..pas lagi ngukus, wangiiiii.. ini penampakannya:

Pas dikasiin ke anaknya, dia ampe nagih-nagih minta disuapin…enyaaaak…

Untuk cemal-cemilnyaa..dibuatin agar-agar yang tanpa rasa sama Nenek buatin Raisya cookies lagiiii…horeeeeee… Tadinya udah pengen pesen Cheesebliss yang terkenal ituuh tapii udah dibikinin duluan cookies sama Ibu..jadii tunda dulu deeeh..*padahal mah yaa emaknya yg pengen nyobain cheesebliss :P.
Ini dia cookies buatan Neneknya Raisya:

ini adalah kue wortel+apel+keju pake butternya tetep orchid yang unsalted… enaak…bisa dimakan jg sama kita yang gede 😛

yang ini isinya bawang daun, seledri sama kejuu.. wangiiii daaaan juga bisa dimakan sama kita yg gedee…wekekekkeke….

Ibu buatnya suka rela loooh…demi cucu tercintanya 😛 daan karena ga aq bolehin beli2x yang di toko-toko ituh :P… Thank youuuu Neneeek…. 🙂

Yaak..sgitu sajah dulu rekapannya… lagi nyariin menu buat 9 bulan iniiih…. *menuju milis dan blog2x tetangga* 😀

Rekapan MPSu 7 Bulan

Hidup untuk makan! begituh slogan di milis MPASI Rumahan hehehhe….. Yaks… sbage makhluk yang tidak punya sense of cooking sama sekali, milis inih menjadi salah satu referensi dalam mencari menu makan yang gampang buatnya namun menarik dan menggiurkan buat Raisya… Yaaah..entah kenapah meskipun aq ini merupakan keturunan dari para jagoan masak (my late granda and my mother), tapi kayaknya koq ga ada gituh akrab2xnya sama yang namanya masak + dapur. Selama inipun, di rumah masih seringnya beli makan, trutama kemaren2x kan ga punya kompor (sengaja)…. Tapppiiii demi anak bayi cantik dan lucu iniih…. relalah sang bunbun pedekate sama dapur…..

Jadi, di tahap makan kedua ini, kita udah ga begitu berpatokan sama jadwal makan dan menu…Pokoknya bahan makanan apa yang ada dikulkas, itulah yang diolah. Tragedi tutup mulut Raisya pun pernah kejadian lagi sekali…dan tetep penyelamatnya adalah Kentang. Bocah ini nampaknya hobi banget makan kentang… makanan apapun klo dicampur kentang, lahappp happ happp… macam anak bule saja kau… 😛

Awal 2 minggu pertama, makannya masih puree-puree sajah plus jus buah2xan yang dirutinkan sama Neneknya stiap 2x sehari. Neneknya emang pecinta jus sejati, jadi…semangat banget beliau buat bikinin jus juga buat Raisya… dan biasanya dibikinnya dadakan biar fresh katanya 🙂

Jadi, 7 bulan kemaren Raisya makannya:
Serelia : Beras Merah Organik
Sayuran : Kentang, Zuchini, Labu Parang,
Buah : Jeruk Baby, Alpukat, Pear, Apel, Mangga
Protein : Ayam, Tahu

Dan, di 2 minggu terakhir kemaren udah mulai masak bubur tim… yaiiiiy…. bikinnya tentu ajah pake slow cooker… sungguh tertolong sekali memang sama SC ini! sooo simple…tinggal masuk2xin bahannya….tinggal,,,jadi deeeeh…. uhuuy…sungguh cocok sekali buat makhluk tak bisa masak sepertiku… :P.

Daan… yang paling bikin semangat untuk terus melanjutkan perjuangan masak-memasak ini adalah melihat Raisya yang selalu lahaaap kalo dikasih makan dan selalu habis :). Cuman yaa diperhatiin beberapa kali, dia ituh kalo baru diperkenalkan sama suatu jenis makanan..pasti dia emut-emut dulu….makannya lamaaa… macam mencoba menganalisa apakah makanan yang dia makan… Tapi setelah beberapa suap, baru deeh lahap lagi makannya :P. Teruuuusss…. anak bayi lucu iniii yaa kalo lapeeer mesti marah-maraaah… persis ayahnya…banget! -_-” jadi diusahakan kasih makannya tepat waktu biar ga ngamuk 😛

Oh ya..beberapa kali Ibu nyaranin beliin Raisya biskuit….biar buat dia pegang-pegang juga daripada dia hebog gigitin sgala yang dia bisa ambil. Tapiii…aku tetep keukeuuuh ga mau kasih biskuit yang banyak dipasaranituh soalnya setelah diliat-liat, mau yg organik ataupun biasa, pasti ada kandungan gulanya. Trus aku bilangin ke Ibu untuk buat sendiri cookiesnya…secara Ibu kan jago bikin cookies :P. Akhirnya… sang Nenek yang sangat menyayangi cucunya tersebut… bikinin cookies buat Raisya… horewwwwwww…… Bahannya dari oatmeal, pake telor, keju dan butter…
Dan,pas dikasih ke Raisya…udah pasti dooong dia langsung masukin muluuut…. trus dikaji dulu… eeeh enak…eeeeh trus napsu deh tuh gigitnya ampe keselek… tapi nampak tidak menyerah dia… trus diemut-emuut sampe abiiisss…. Mwehehehhehehe Neneknya seneeng banget liat Raisya suka… nampaknya bakalan dibikinin lebih banyak lagi, buat stok 😛

Alhamdulillah, sejauh ini ngga ada tanda-tanda alergi makanan… telur juga lolos…. Bulan depan semakin banyak lagi yang bisa dikasih…. Bunbun akan semangaaaat masaaak, Chaca semangat maemnya yaaaaaaa…..